Sejarah Monster Saku
Semua bermula dari hobi unik yang simple dari Satoshi Tajiri yakni mengamati dan menangkap kecebong dan serangga di depan rumahnya. Lantas dia memikirkan bagaimana jadinya jika semua anak - anak sepertinya melakukan hal yang sama, karena menangkap serangga dan kecebong merupakan tantangan baginya. Setelah tumbuh dewasa dengan bantuan Ken Sugimori dan teman - teman lainnya, Tajiri kemudian membentuk Game Freak, yang nantinya studio pengembang tersebut berubah menjadi Creatures. Saat Tijiri mengetahui kemampuan Game Boy dan Game Boy Link Cable, dia terinspirasi dengan adanya gambaran para serangga berjalan melalui kabel, memberinya die sebuah game yang bernama Capsule Monster. Usahanya membuat ide tersebut selalu ditolak. Dan berkat bantuan temannya, Shigeru Miyamoto, ide tersebut diterima, dan Nintendo mulai membiayai pengembangan proyek tersebut yang berjalan selama 6 tahun. Karena Masalah trademark, maka judul Capsule Monsters pun diganti menjadi Pockets Monster
Artwork game ini digambar oleh teman Tajiri yang bernama Ken Sugimori (dan nantinya menjadi artis tetap serial pokemon) sedangkan urusan musik dan efek suara dokomposisi oleh Junichi Masuda. Setelah proses debugging selesai. Shigeki Morimoti memprogram Mew ke dalam game, yang menjadi pokemon rahasia, dan sengaja tidak diinformasikan ke publik setelah perilisan game-nya. Game dirilis dengan dua versi yaitu Red dan Green. Namun sebelum dirilis, proyek yang dikembangkan Game Freak ini mengantarkannya ke ambang kebangkrutannya, dimana lima karyawannya keluar karena masalah finansial. Bahkan Tajiri sendiri sering bekerja tanpa dibayar Tapi habis gelap terbitlah terang, karena perilisan Pokemon Red dan Green sanggup mengangkat kembali keuangan Game Freak, dan melanjutkan dengan game-game pokemon berikutnya hingga sekarang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar